Lagu Sunda

Ada banyak sekali hasil budaya masyarakat Indonesia yang sangat indah. Salah satunya yaitu lagu Sunda, lagu daerah yang banyak dinyanyikan oleh masyarakat luas. Salah satu lagu daerah Sunda yang cukup terkenal yaitu Peyeum Bandung. Lagu ini banyak dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia karena keindahan lagunya. Lagu ini memang bertemakan makanan khas dari Bandung yang sangat terkenal yaitu Peyeum. Makanan ini sangat enak dan bahkan ada dimana-mana, di kota ataupun di desa. Hampir semua orang menyukai makanan dari singkong ini. Makanan ini memang mirip dengan tape, tetapi dikemas dengan cara yang berbeda.

Selain itu, masih ada banyak lagi lagu Sunda yang terkenal di Indonesia yang memiliki makan tersendiri. Diantaranya yaitu Gamelan Salendro, Degung dan juga Pelog. Lirik lagu Sunda tersebut mungkin sedikit aneh untuk masyarakat dari daerah lain. Tetapi karena liriknya yang unik, lagu tersebut malah akan mudah diingat. Ada banyak sekali lagu pop yang juga dinyanyikan dalam bahasa Sunda. Tentu saja ini adalah keunikan tersendiri bagi pendengarnya, lagu yang biasanya didengar dalam bahasa Indonesia harus didengar dengan bahasa Sunda yang belum tentu semua orang tahu artinya. Tetapi dari lagu tersebut, bahasa Sunda mulai dikenalkan ke masyarakat luas.

Selain di dalam negeri, lagu Sunda juga terkenal di luar negeri. Salah satu lagu yang terkenal yaitu lagu Degung. Perkembangan lagu Degung mulai dilakukan oleh anak-anak perguruan tinggi dan juga beberapa musisi handal. Kumpulan lagu Sunda dibawakan di beberapa negara seperti di Amerika, Jepang dan Inggris. Lagu tersebut dibawakan dengan indah dan banyak menerima pujian. Masyarakat Indonesia harusnya bangga terhadap anak-anak bangsa yang mampu membawa harum nama bangsa ke hadapan dunia. Lagu Sunda mampu membuktikan bahwa Indonesia memiliki budaya yang luar biasa yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Selain musisi daerah, lagu Sunda juga sering dibawakan oleh artis-artis top papan atas. Contohnya saja pelawak dari Bandung, Sule. Sule sering sekali menyanyikan lagu Sunda yang indah dan dibawakan dengan karakter khasnya yang lucu. Lagu Sunda Sule mudah dipahami terlebih Sule adalah pelawak yang lucu dan sangat kreatif. Lagu daerah yang ia bawakan mampu diterima dengan baik oleh para penikmatnya. Logat daerahnya yang kental menambah istimewa setiap lagu yang ia bawakan. Terlebih saat ia menyanyi, ia juga melakukan gerakan-gerakan menari yang lucu dan unik.

Lagu Sunda gratis banyak dicari oleh para penggemar lagu daerah tersebut. Lagu Sunda bukan hanya sebagai lagu yang dapat dinikmati saja. Tetapi juga sebagai lagu yang mengajarkan bahasa Sunda bagi orang yang tidak mengerti bahasa Sunda. Cara ini dianggap sebagai cara ampuh untuk belajar bahasa Sunda. Sebenarnya bahasa Sunda banyak didengarkan di beberapa TV swasta. Hampir sama dengan bahasa Betawi ataupun bahasa Jawa, bahasa Sunda juga sering dibawakan oleh artis-artis asal Sunda.

Lagu Sunda selain terkenal dengan liriknya yang unik, lagu ini juga terkenal dengan cengkok-cengkoknya yang khas. Lirik lagu Sunda yang unik juga mudah diterima bagi para pendengarnya. Sebenarnya, bahasa Sunda terdiri dari bahasa Sunda-Banten dan ada juga bahasa Sunda-Jawa Tengah. Begitupun lagu Sunda yang ada, tergantung dari asal penciptanya. Pada dasarnya setiap lagu Sunda memiliki ciri khas yang sama. Enak didengarkan dan memiliki makna yang dalam.

Comments

Popular posts from this blog

Mengulas Tentang Kumpulan Lagu Geisha

20 Deretan Lagu Korea Terbaru Serta Terpopuler Bulan Februari 2014

Mengenal Beberapa Penyanyi Yang Sukses Membawakan Lagu Islami