Keanekaragaman Lagu Daerah Di Indonesia Sebagai Simbol Negeri Ini Yang Begitu Kaya

Indonesia adalah negara yang kaya dengan seni budaya hal tersebut sangat lumrah karena negeri ini memiliki memiliki lebih dari 17 ribu pulau. Sebuah penelitian menyebutkan jika ada lebih dari 100 bahasa daerah yang ada di indonesia. dengan banyaknya bahasa daerah yang ada maka banyak pula lagu daerah yang sudah diciptakan. Lagu daerah Indonesia memiliki karakter yang unik dan tidak akan anda temui di negara lain.

Lagu daerah yang memiliki karakter berbeda tersebut adalah sebuah anugerah yang diberikan oleh tuhan. Anda pasti sudah tidak asing dengan semboyan bhineka tunggal ika. Semboyan tersebut merupakan sebuah cerminan betapa kayanya negeri ini akan sebuah seni budaya. Lagu-lagu daerah nusantara bukan sebuah pembeda melainkan sebuah pemersatu negeri yang nyata. Negeri ini semakin besar dan terlihat memiliki keindahan karena adanya banyaknya seni budaya tersebut.

Salah satu hal yang wajib anda ketahui adalah banyak lagu daerah yang diciptakan sudah sejak zaman dahulu. Salah satu contohnya adalah lagu daerah jawa tengah. Bagi anda yang asli jawa maka anda pasti sudah tidak asing dengan lagu gundul-gundul pacul. Lagu tersebut merupakan ungkapan syukur masyarakat jawa atas segala nikmat yang diberikan tuhan. Rezeki yang diberikan tuhan tersebut berupa makan tanah yang subur dan membuat tanaman menjadi tumbuh dengan baik. jika tanaman tumbuh dengan baik maka banyak sekali manfaat yang akan dirasakan.

Jika anda mau melihat lagu daerah dari sisi sosial masyarakat maka anda bisa melihat jika bangsa indonesia memiliki masyarakat yang sangat humanis. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya aspek luar yang masuk dalam lagu tersebut. jika anda melihat pada lagu daerah timur seperti maluku maka anda akan melihat sebuah kombinasi yang sangat unik. Kombinasi tersebut merupakan sebuah simbol dari masyarakat yang humanis. Ciri masyarakat yang humanis adalah masyarakat yang mampu untuk menerima budaya dari daerah lain dengan mudah.

Akan tetapi lagu daerah sekarang ini sangat terpingirkan. Jika anda datang ke sebuah daerah dan anda bertanya pada pemuda daerah tersebut akan lagu daerah yang dimiliki maka banyak dari pemuda yang tidak mengerti akan lagu daerahnya. Lagu daerah tersebut terpingirkan oleh lagu pop yang ada sekarang ini. padahal jika mau dijadikan prioritas maka lagu daerah adalah lagu yang wajib penduduk daerah tersebut hafal dibandingkan dengan lagu pop. Pemerintah harus berperan aktif untuk membuat lagu daerah menjadi lestari. Jika pemerintah sudah bergerak maka banyak sekali efek positif yang akan ditimbulkan. Akan tetapi sekarang pemerintah belum mengambil kebijakan yang tepat akan pelestarian lagu daerah tersebut. pemerintah harusnya sadar jika mereka terlambat dalam mengambil keputusan akan lagu daerah maka keberadaan lagu daerah tersebut menjadi terancam.

Langkah nyata harus ditunjukan oleh para orang tua yang memiliki anak. anak mereka akan lebih baik jika hafal lagu daerah. Cara tersebut sangat ampuh untuk menjaga kelestarian lagu daerah. Anda pasti tidak ingin lagu yang dibuat dengan seni tinggi tersebut hilang dan menjadi sebuah kenangan. Jika anda mendengar anak menyayikan lagu daerah dengan merdu maka anda akan merasakan sesuatu yang sangat indah. Lagu daerah terasa lebih merdu dan indah di kuping anda karena lagu daerah memang bisa mengikat jiwa seseorang. Ayo lestarikan lagu daerah yang ada di negeri ini. dengan memiliki lagu daerah yang lestari maka kita patut bangga karena menjadi orang yang bisa meneruskan warisan leluhur.

Comments

Popular posts from this blog

Mengulas Tentang Kumpulan Lagu Geisha

20 Deretan Lagu Korea Terbaru Serta Terpopuler Bulan Februari 2014

Mengenal Beberapa Penyanyi Yang Sukses Membawakan Lagu Islami