Lagu Minang Terpopuler

Lagu minang merupakan satu aliran kesenian musik yang berasal dari nusantara, dari musik tradisional maupun musik modern. Musik minang ini tumbuh dan juga berkembang di area kebudayaan suku minangkabau. Lagu yang berasal dari minang ini memang memiliki ciri khas tersendiri yang mana karena lagu ini dimainkan dengan beberapa musik tradisional. Beberapa alat musik tersebut adalah saluang, talempong, serunai, rabab, aguang, rebana, biola dan juga gendang. Lagu yang diiringi dengan musik minang tersebut pada umumnya digunakan untuk mengiringi aneka tarian seperti Tari Piring dan juga Tari Pasambahan.

Beberapa lagu yang berasal dari Minangkabau ini memang cukup terkenal sebagai lagu daerah di tanah air. meskipun lagu tersebut terbilang lagu tradisional, namun nyatanya sampai saat ini beberapa lagu minang tersebut masih saja diperdengarkan dan tetap mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat minangkabau sendiri. Lagu minang ayam den lapeh, merupakan lagu yang cukup ternama dan masih sering dinyanyikan dari generasi ke generasi. Bahkan lagu ini menempati urutan paling atas dalam chart tangga lagu minangkabau dari hari kehari. Selain itu, ada lagi lagu yang sampai saat ini masih sering diperdengarkan yakni Mudiak Arau, Risaulai, Malam Bainai, rang Talu, Dayuang Palinggam dan Kampuan Nan Jauah di Mato.

Selain lagu tradisional minang, ada juga lagu terbaru yang memang sampai saat ini masih diminati oleh masyarakat luas asal minang. Beberapa lagu tersebut tentunya dinyanyikan oleh generasi baru seperti Boy Sandy, yang juga tak kalah dengan generasi lama seperti Tiar Ramon, Nuskan Syarif dan penyanyi lagu minang lawas lainnya. Suara mereka pun cukup merdu didengar, sekaligus menghibur dengan lirik yang cukup ringan. Beberapa lagu minang terbaru yang saat ini diminati oleh masyarakat asal Minangkabau ini adalah Rindu Diawan Biru, Seso Malam Langang, Cabiak Pitih Basi, Jani Ganti Aia Mato, Cinto Manikam, Babagi Sayang dan masih banyak lagi.

Lirik lagu minangkabau tersebut memang cukup nikmat didengar oleh telinga, maka tak heran jika banyak orang Minangkabau mendengarkan lagu minang tersebut hampir setiap hari. Bukan hanya orang dewasa atau orang-orang tua saja yang memperdengarkan lagu-lagu tersebut. Namun kebanyakan generasi muda asal Minangkabau pun juga cukup suka mendengarkan beberapa lagu khas minang meskipun lagu tersebut merupakan lagu tradisional. Ini dikarenakan lagu asal minang memang terkenal memiliki lirik yang cukup menyentuh, baik lagu bertema percintaan ataupun lagu dengan tema teladan dan sejarah.

Generasi muda ini tak ketinggalan sering mendownload beberapa lagu minang yang memang sedang populer saat ini. Adapun mereka dapat mendownload lagu-lagu tersebut secara gratis di internet tanpa harus membayar. Lagu minang download mp3 ini memang banyak sekali ditemui di situs internet dengan berbagai pilihan. Bukan hanya lagu terbaru saja yang bisa di download melainkan lagu khas minangkabau yang cukup ternama pada eranya pun cukup banyak ditampilkan di beberapa situs maya tersebut. Dengan kemudahan ini, diharapkan para generasi muda turut melestarikan kebudayaan minangkabau meskipun hanya melalui sebuah lagu agar mampu melegenda di nusantara.

Itulah beberapa lagu minang baik yang terbaru maupun lagu khas minang yang sudah melegenda yang telah kami uraikan. Semoga apa yang telah kami informasikan membawa manfaat bagi anda pecinta musik minangkabau yang berasal dari manapun anda berada.

Comments

Popular posts from this blog

Mengulas Tentang Kumpulan Lagu Geisha

20 Deretan Lagu Korea Terbaru Serta Terpopuler Bulan Februari 2014

Mengenal Beberapa Penyanyi Yang Sukses Membawakan Lagu Islami