Lagu Batak Populer Dan Juga Penyanyinya

Batak merupakan salah satu suku terbesar yang ada di Indonesia. Suku ini menempati bagian barat Indonesia tepatnya di pulau Sumatra. Daerah bagian Sumatra Utara lah yang paling banyak terdapat keluarga bataknya tepatnya di daerah Medan. Tidak hanya di Sumatera saja suku Batak hampir ada diseluruh pelosok Indonesia. Yang unik dari suku batak ini adalah setiap keluarga mempunyai marga sendiri. Setiap marga bisa mempunyai anggota yang sangat banyak sekali. Suku batak juga terkenal dengan orangnya yang bersifat keras dan nada suaranya yang tinggi. Selain itu orang batak juga suka menyanyi dan menari. Setia kali ada hajatan pasti menyelenggarakan pesta yang mewah dan meriah serta diiringi oleh berbagai lagu batak. Lagu dari suku batak yang terkenal adalah sinaggartulo.

Lagu dari batak sering dinyanyikan pada acara-acara pernikahan ataupun acara adat lainnya. Selain lagu-lagu daerah sekarang ini sudah banyak bermunculan lagu-lagu batak modern. Seperti halnya dengan lagu jawa, lagu batak juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sekarang ini sudah banyak artis lokal yang menyanyikan lagu-lagu batak. Salah satu grup penyanyi yang membawakan lagu-lagu batak ini adalah Romiana Sihotang. Romiana ini sudah banyak membawakan lagu-lgu dengan bahasa batak. Dinataranya lagu batak terpopuler yang dibawakannya adalah Sahat Di Homa Au, Boto Lungunmu Boru , Dang Tois Ni Rohangku , Sandiwara Cinta,dan Utang Holong.

Selain lagu batak toba lama ada juga lagu batak toba terbaru. Lagu-lagu ini dinyanyikan kebanyakan oleh para penyanyi dari suku batak asli. Salah satu penyanyi dari batak toba adalah Simenstar Trio. Simenstar Trio ini merupakan salah satu grup penyanyi batak yang terkenal. Lagu-lagu milik Simenstar Trio diantaranya adalah Inang Na Burju, Mulak Ma Ho, Najolo, Nungnga Matua, Perahu Cinta, Di Topi Tao Toba, dan Cinta Palsu.

Selain artis-artis lokal ada juga artis ibu kota yang menyanyikan lagu batak, salah satunya yaitu Judika. Salah satu judul lagu milik Judika yang bernuansa batak adalah Didia Rokkaphi. Lagu ini dinyanyikan oleh Judika dengan berdua dengan Vikcy Sianipar yang juga merupakan penyanyi batak terkenal. Selain itu ada juga lagu yang dinyanyikan oleh Judika sendiri yang berjudul O Duma (Borngin I Ito). Selain Judika ada juga Joy Tobing yang juga mempunyai lagu daerah asalnya yaitu batak. Lagu yang dinyanyikan oleh Joy Tobing ini berjudul Thamrin Manulang.

Selain penyanyi-penyanyi yang masih muda ada tiga penyanyi batak yang menjadi legendaris. Ketiga penyanyi tersebut adalah Jack Marpaung, Charles Simbolon, dan Victor Hutabarat. Ketiga penyanyi ini merupakan penyanyi senior dan juga penyanyi legendaris dari tanah batak. Jack Marpaung merupakan salah satu penyanyi batak yang terkenal pada tahun 90'an. Pada tahun 90'an ini Jack mulai merintis karirnya sebagai penyanyi batak dengan lagu yang membuatnya terkenal yaitu kamar 13. Suara Jack Marpaung ini sangat khas yaitu serak-serak basah. Hampir semua lagunya ia bawaan dengan nuansa rock. Sekarang ini yang menuruni bakat menyanyi lagu batak darinya adalah putrinya yang bernama Novita Dewi Marpaung.

Penyanyi batak legendaris yang kedua adalah Charles Simbolon. Berbeda dengan jack yang suaranya ngerock kalau om Charles ini mempunyai suara yang melow. Charles Simbolon juga terkenal di tahun 90'n dan sudah banyak lagu batak toba yang dinyanyikannya. Penyanyi legendaris yang terakhir adalah Victor Hutabarat. Victor Hutabarat terkenal melalui lagu batak yang berjudul menduda bayon. Suara Victor Hutabarat ini mirip dengan suara penyanyi Ebiet G Ade, jadi ketika menyanyi akan langsung ketahuan siapa penyanyinya walaupun tanpa melihat wajah sang penyanyi.

Comments

Popular posts from this blog

Mengulas Tentang Kumpulan Lagu Geisha

20 Deretan Lagu Korea Terbaru Serta Terpopuler Bulan Februari 2014

Mengenal Beberapa Penyanyi Yang Sukses Membawakan Lagu Islami