Mengajarkan Kewirausahaan Sejak Dini Kepada Semua Golongan

Banyak orang yang sekarang ini kesulitan untuk mencari kerja. Ini karena, pekerjaan yang ada memang terbatas. Sekarang ini jumlah pencari kerja sangat banyak dan tidak sesuai dengan jumlah lowongan kerja yang ada. Apabila ilmu mengenai kewirausahaan diajarkan sejak lama, mungkin tidak banyak orang yang menganggur. Anda harus mengerti jika jumlah wirausaha yang ada di Indonesia tidak lebih dari 8 persen. Jumlah tersebut sangat kecil jika dibandingkan dengan negara lain. Idealnya, dalam sebuah negara jumlah wirausahawan setidaknya minimal 20 persen. Dengan tidak banyaknya jumlah wirausahawan ini, membuat banyak sekali penganggaran yang ada di Indonesia.

Mengajarkan kewirausahaan sejak dini kepada masyarakat, akan banyak sekali manfaat yang didapatkan. Salah satu manfaat yang didapatkan adalah banyaknya lowongan kerja baru yang dibuka oleh para wirausahawan. Sekarang ini memang banyak sekali SMK yang mengajarkan kewirausahaan kepada siswanya. Kewirausahaan SMK yang diajarkan saat ini kurang maksimal karena minim akan praktek. Sebuah, ilmu kewirausahaan akan bisa dijalankan apabila sudah pernah dipraktekkan. Pemerintah harus menyadari jika kewirausahaan adalah hal yang sangat penting. Banyak orang yang menyatakan jika pemerintah kurang mendorong masyarakat untuk belajar ilmu kewirausahaan.

Model kewirausahaan yang banyak dibangun saat ini adalah kewirausahaan sosial. Yang dimaksud dengan kewirausahaan sosial adalah sistem kewirausahaan yang digunakan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Dengan adanya sistem ini, masyarakat hendaknya bisa hidup dengan layak karena menjalankan usaha yang telah diajarkan. Nah, untuk bisa mendapatkan akses kewirausahaan sosial, Anda bisa menghubungi dinas sosial yang ada di kota Anda. Dinas sosial memang menjadi kementerian yang ditunjuk pemerintah untuk mengentaskan masalah sosial yang ada di Indonesia.

Sebenarnya, ilmu kewirausahaan akan lebih efektif jika diajarkan sejak dini. Yang dimaksud dengan dini adalah usia semuda mungkin. Akan lebih baik jika kewirausahaan dimasukkan dalam kurikulum SD. Dengan masuk dalam kurikulum SD, akan banyak siswa SDA tertarik menjadi seorang pengusaha. Sekarang ini saja sebagian besar pelajar yang ada di Indonesia hanya tertarik menjadi pegawai negeri. Anda pasti mengerti jika sekarang ini kebutuhan pegawai negeri sangat terbatas. Dengan banyaknya orang yang ingin menjadi PNS, tentu peluang diterima menjadi PNS juga sangat kecil.

Apabila ilmu kewirausahaan sudah diajarkan sejak dini, maka pemerintah akan merasakan hasil yang nyata. Salah satu hasil nyata dari pendidikan kewirausahaan sejak dini adalah banyak sekali usaha mikro dan makro yang muncul. Usaha tersebut akan membutuhkan banyak sekali karyawan yang bisa membuat jumlah pengangguran yang ada di Indonesia menjadi turun dengan signifikan. Data menyebutkan jika jumlah pengangguran yang ada di Indonesia lebih dari 10 juta. Jumlah pengangguran tersebut akan berkurang dalam waktu 3 tahun apabila pemerintah memang mau mengajarkan ilmu kewirausahaan sejak dini mulai sekarang.

Semakin banyak orang yang menjalankan usaha, bisa dipastikan jika Indonesia akan semakin makmur. PDB negeri ini akan naik secara drastis dalam waktu yang cepat jika banyak usaha baru yang muncul. Akan lebih baik jika pemerintah juga memberikan kemudahan kepada orang yang ingin membuat sebuah usaha. Dengan adanya kemudahan dalam membuat usaha, akan menjadikan banyak orang tertarik terjun ke dunia usaha dari pada menjadi seorang pegawai. Pemerintah harus meniru negara maju seperti Jepang dan juga Singapura yang sangat mendukung adanya usaha baru yang muncul di kedua negeri tersebut. Memang pendidikan kewirausahaan adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh negeri Ini jika ingin cepat maju.

 

Comments

Popular posts from this blog

Mengulas Tentang Kumpulan Lagu Geisha

Mengenal Beberapa Penyanyi Yang Sukses Membawakan Lagu Islami

Kumpulan Lagu Iwan Fals Yang Melegenda Sampai Saat Ini