Menelisik Lebih Dalam Kerajaan Sriwijaya Yang Makmur Dan Tentram

Indonesia memang kaya dengan sejarah yang sangat mengagumkan. Pada dahulu kala ada banyak kerajaan yang berdiri di nusantara. Salah satu kerajaan yang paling terkenal adalah kerajaan Sriwijaya. Nama Sriwijaya sangat terkenal karena memiliki wilayah yang cukup luas. Pada masa kejayaan kerajaan ini wilayah yang dikuasai melingkupi Jawa, Sumatera, Kalimantan, Malaya, Thailand Selatan dan Kamboja. Kata Sriwijaya memiliki arti yaitu sebuah cahaya terang menuju kemenangan. Memang tidak bisa dipungkiri jika kerajaan ini memiliki sejarah panjang dan memiliki pengaruh besar di Asia Timur pada saat itu.

Dalam sejarah kerajaan Sriwijaya lengkap disebutkan jika kerajaan ini berdiri sekitar abad ke 7. Sebuah literatur kuno menyebutkan pada tahun 671 seorang petualang asal negeri China pernah berkunjung ke kerajaan ini. Agama yang banyak dianut penduduk kerajaan ini adalah agama Budha. Pada abad ke 7 memang agama Budha berkembang pesat di nusantara. Penyebaran agama ini semakin luas ketika banyak kerajaan yang memiliki raja beragama Budha. Bukti menyebutkan jika pada masa kerajaan Sriwijaya semua ritual yang dilakukan oleh raja adalah ritual Budha.

Salah satu raja yang paling yang paling terkenal di Sriwijaya adalah Samaratungga. Raja yang satu ini bisa membuat Sriwijaya berkembang menjadi negara maritim yang disegani. Ada banyak bukti yang menyebutkan jika kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan maritim memiliki armada laut yang kuat. Kapal yang digunakan oleh kerajaan Sriwijaya adalah kapal dengan ukuran besar dan mampu menampung banyak pasukan. Pada saat Samaratungga berkuasa, ada beberapa daerah baru yang berhasil dikuasai. Daerah baru tersebut dibuat menjadi lumbung padi bagi kerajaan Sriwijaya. Namun,salah satu daerah yang paling sulit untuk ditaklukkan oleh Sriwijaya adalah Pulau Jawa.

Kerajaan Sriwijaya pecah pada abad ke 11, dimana ada banyak wilayah yang membentuk kerajaan baru. Banyak sekali faktor yang membuat kerajaan Sriwijaya menjadi hancur. Salah satu faktor utama yang membuat kerajaan ini hancur adalah sangat sering diserang oleh musuh. Jejak pertama yang membuktikan adanya kerajaan Sriwijaya adalah prasasti kedukan bukit yang ditemukan di Palembang. Prasasti ini dibuat sekitar tahun 628 Masehi. Tidak banyak tulisan yang ada di prasasti tersebut. Tulisan kuno yang ada di prasasti itu memiliki makna jika daerah tersebut dibawah kekuasaan kerajaan Sriwijaya.

Pada tahun 1918, seorang sejarahwan yang berasal dari Perancis bernama George Codes melakukan penelitian mengenai kerajaan Sriwijaya. Semua penelitian yang dia lakukan telah berhasil dipublikasikan pada tahun 1919. Publikasi tersebut memang masih menggunakan bahasa Perancis. Sekarang ini, hasil penelitian dari Goerge Codes menjadi rujukan banyak orang yang ingin mengerti lebih dalam mengenai kerajaan Sriwijaya. Dalam penelitian yang dilakukan oleh pria ini, ada banyak sekali kesimpulan yang didapatkan. Salah satu kesimpulan yang ada di penelitian ini menyebutkan jika kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia.

Melihat sejarah kerajaan Sriwijaya tersebut, Anda pasti menyimpulkan jika Indonesia mampu menjadi negara maju dan bisa memimpin dunia. Untuk bisa maju seperti kerajaan Sriwijaya memang membutuhkan pemimpin yang berani dan berjiwa ksatria. Sekarang ini Anda bisa melihat banyak sekali jejak kerajaan Sriwijaya yang ada di Sumatera. Bahkan, semakin banyak jejak dan bukti baru yang membuktikan jika kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan yang besar dan makmur. Semoga informasi ini bisa semakin menambah wawasan Anda mengenai sejarah nusantara.

 

Comments

  1. […] https://2.kompas.news/menelisik-lebih-dalam-kerajaan-sriwijaya-yang-makmur-dan-tentram/ […]

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengulas Tentang Kumpulan Lagu Geisha

Mengenal Beberapa Penyanyi Yang Sukses Membawakan Lagu Islami

Kumpulan Lagu Iwan Fals Yang Melegenda Sampai Saat Ini