Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Menarik

Pelamar pemula biasanya sangat membutuhkan contoh surat lamaran kerja agar tidak terjadi kesalahan dalam pembuatannya. Surat lamaran kerja merupakan salah satu syarat utama yang diajukan oleh sebuah perusahaan yang menawarkan lowongan kerja. Semua pekerjaan resmi meminta surat lamaran kerja dan CV kepada para pelamarnya. Seringkali surat lamaran kerja menjadi begitu penting karena ini adalah kesan pertama Anda terhadap perusahaan dimana Anda ingin bekerja. Kesan pertama ini cukup penting karena dapat menentukan peluang apakah Anda diterima atau tidak di perusahaan tersebut.

Surat lamaran kerja yang baik dan menarik sangat menentukan langkah selanjutnya dalam mendapatkan kesempatan mengisi posisi kerja yang ditawarkan. Jika surat yang Anda buat kurang menarik, struktur bahasa yang tidak rapi serta penggunaan kalimat yang bertele-tele, bisa dipastikan pihak HRD hanya memandang sekilas lalu meletakkan surat Anda di tumpukan surat lamaran yang ditolak. Lalu bagaimana caranya agar surat lamaran kerja Anda dipertimbangkan oleh pihak perusahaan? Pertama-tama, pergunakan bahasa yang baik dan benar. Entah itu bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, gunakan kata-kata yang formal dan bukan kata-kata gaul masa kini.

Jika surat lamaran tersebut berbahasa Inggris, pastikan pilihan kata dan struktur grammar-nya benar. Isi surat juga harus singkat dan tidak bertele-tele. Mengenai apakah sebaiknya surat lamaran kerja ditulis tangan atau dengan computer, sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah. Namun memang benar bahwa banyak perusahaan yang masih lebih menyukai tulisan tangan karena dengan demikian mereka dapat membaca kepribadian seseorang yang akan menjadi karyawannya melalui tulisan tangannya. Namun, jika Anda merasa tulisan tangan Anda tidak terlalu baik, mungkin Anda menggunakan computer untuk menghindari kesalah-pahaman akibat penulisan huruf yang kurang jelas.

Sebuah surat lamaran biasanya dilengkapi pula dengan CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat kerja. CV ini berisikan data pribadi Anda berikut keahlian yang Anda miliki yang layak dipertimbangkan oleh perusahaan. Data pribadi berisikan nama, alamat lengkap dan nomor telepon, tanggal lahir, serta jenjang pendidikan yang sudah Anda lalui. Tuliskan keahlian khusus serta pengalaman-pengalaman kerja yang pernah Anda lakukan pada CV ini sebagai bahan pertimbangan perusahaan. Tuliskan dengan runtut lengkap dengan tahun kerjanya agar perusahaan lebih mudah memahami kronologi riwayat pekerjaan Anda.

Lengkapi surat lamaran kerja dan CV ini dengan lampiran-lampiran lain yang mendukung seperti ijazah terakhir, sertifikat pendukung dan lain sebagainya. Dalam penulisan surat lamaran kerja, Anda harus memperhatikan beberapa hal yang sebaiknya dimuat dalam tiga paragraf. Pada paragraf pertama, tulis mengenai darimana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan kerja yang ditawarkan, serta keinginan Anda untuk menempati posisi tersebut beserta alasannya. Pada paragraf kedua, tuliskan sekilas mengenai diri Anda, latar belakang pendidikan, ketrampilan yang Anda miliki serta kelebihan lain yang menurut Anda bisa dipertimbangkan oleh pihak HRD.

Pada paragraf ketiga, Anda harus dapat meyakinkan pihak perusahaan bahwa Anda memang benar-benar cocok untuk bekerja pada posisi tersebut. Tulis juga mengenai kesediaan Anda untuk mengikuti wawancara dan prosedur berikutnya. Gunakan kalimat-kalimat yang lugas namun sopan. Surat lamaran yang bertele-tele dan terkesan seperti curhat, sama sekali tidak menarik untuk dibaca. Ini karena, bagaimanapun juga, pihak perusahaan mencari karyawan yang bersedia bekerja keras demi perusahaan. Untuk mulai membuat surat yang benar, lihat contoh surat lamaran kerja yang banyak tersedia di internet. Semoga beruntung dalam pekerjaan Anda.

 

Comments

Popular posts from this blog

Mengulas Tentang Kumpulan Lagu Geisha

20 Deretan Lagu Korea Terbaru Serta Terpopuler Bulan Februari 2014

Mengenal Beberapa Penyanyi Yang Sukses Membawakan Lagu Islami