Biografi Soekarno: Mengenal Lebih Dekat Sang Presiden Pertama RI

Indonesia memiliki banyak sekali tokoh yang membanggakan. Salah satu tokoh yang sampai saat ini masih di kenang adalah Soekarno. Sekarang ini banyak orang yang ingin mengerti biografi Soekarno. Sang presiden pertama RI ini memang memiliki Karisma yang sangat kuat. Banyak orang yang kagum dengan apa yang dilakukan oleh Soekarno. Pada zaman kepemimpinan Soekarno, Indonesia sangat disegani oleh bangsa asing. Bahkan, Indonesia masuk dalam kategori Macan Asia. Semangat juang Soekarno untuk membangun bangsa memang wajib untuk ditiru oleh semua orang. Sekarang ini banyak orang yang tidak memiliki rasa bangga terhadap tanah air. Padahal, rasa cinta kepada tanah air itu adalah hal yang sangat penting.

Dalam biografi Ir Soekarno disebutkan bahwa, Soekarno lahir di Jawa Timur pada tahun 1901. Sang proklamator ini meninggal pada tahun 1970 karena sakit keras. Soekarno lahir dari keluarga yang cukup mapan. Bapaknya adalah seorang guru dan memiliki banyak sekali buku bacaan. Karena bapaknya memiliki banyak buku, Soekarno kecil menjadi suka membaca buku. Pendidikan yang diperoleh oleh Soekarno juga sangat baik. Dia mendapatkan pendidikan dasar di sekolah Belanda. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar, pria ini pindah ke Kota Surabaya. Pada saat menempuh pendidikan menengah, Soekarno terkenal sangat pandai.

Apabila Anda membaca biografi Soekarno singkat, maka Anda akan melihat jika pada masa itu Soekarno memiliki banyak pacar. Kecerdasan yang dia miliki membuat banyak perempuan menjadi tergoda termasuk para perempuan Belanda. Setelah menyelesaikan sekolah menengah, Soekarno memilih untuk melanjutkan pendidikan ke ITB yang pada masa itu masih bernama Technische Hoogeschool Te Bandoeng. Pada saat menempuh pendidikan di ITB, Soekarno mendapatkan banyak sekali teman yang mau diajak untuk berjuang. Soekarno berhasil menamatkan pendidikannya di ITB pada tahun 1926 dengan gelar insinyur teknik arsitektur.

Setelah menamatkan pendidikan di ITB, pria ini sempat merintis karier sebagai arsitek. Namun karena merasa ada panggilan dari bumi pertiwi, membuat Soekarno mau berjuang keras. Dia adalah salah satu pemuda yang memiliki pendirian paling keras. Karena dianggap berbahaya maka Soekarno pernah diasingkan oleh Belanda. Sering diasingkan membuat Soekarno semakin sadar bahwa rakyat Indonesia sangat mengharapkan kemerdekaan. Dalam masa pengasingan tersebut, Soekarno banyak menemukan pemikiran besar. Perjuangan Soekarno menjadi nyata ketika dia dibebaskan dan bisa memproklamirkan kemerdekaan RI.

Soekarno membuat banyak sekali perubahan setelah proklamasi. Dalam biografi Soekarno lengkap yang ditulis oleh Cindy Adam disebutkan, Soekarno sangat anti dengan Amerika dan negara sekutu. Soekarno lebih suka berhubungan dengan negara komunis seperti Uni soviet. Dalam masa kepemimpinan Soekarno ada banyak sekali konflik yang dihadapi, dari konflik daerah hingga konflik dengan negara tetangga seperti Malaysia. Sebagai seorang pemimpin dia juga tidak takut dengan negara maju seperti Amerika.

Banyak sekali masalah yang ada pada masa kepemimpinan Soekarno. Konflik yang ada semakin parah dan membuat Soekarno harus mundur dari jabatannya sebagai presiden. Setelah mundur dari presiden, tidak banyak hal yang dilakukan oleh pria ini. Itu karena semua kegiatan yang dia lakukan diawasi oleh pemerintah orde baru yang memang tidak suka dengan Soekarno. Sekarang ini ada beberapa anak Soekarno yang muncul dalam politik nasional. Salah satu anak Soekarno yang paling terkenal adalah Megawati yang sempat menjadi presiden RI. Semoga dengan membaca biografi Soekarno ini, Anda semakin mengenal salah satu presiden terbaik RI ini.

 

1 comment

  1. […] https://2.kompas.news/biografi-soekarno-mengenal-lebih-dekat-sang-presiden-pertama-ri/ […]

    ReplyDelete

Post a Comment

Copyright © 2021

Vocalist