Beragam Cara Membuat Bakso dan Varian Rasanya

Bagi orang Indonesia, bakso sudah sangat akrab di lidah. Bola-bola daging cincang ini memang sangat digandrungi dan digemari karena rasanya yang lezat dan khas. Berbagai jenis dan varian bakso dibuat di seantero Nusantara dengan cita rasanya masing-masing. Kelezatan bakso disukai baik anak muda maupun lanjut usia. Tahukah Anda, membuat bakso sesungguhnya tidak sulit untuk dilakukan. Jika Anda merupakan penggemar bakso, maka Anda wajib tahu cara membuat bakso. Kami memiliki beberapa tips dan penjelasan singkat mengenai cara pembuatan bakso yang mudah, murah, halal dan sehat tentunya.

Jenis bakso yang paling mudah ditemui adalah jenis bakso sapi. Sesuai dengan namanya, bakso ini terbuat dari daging sapi yang dicincang dan dibentuk menjadi bulatan-bulatan bakso. Cara membuat bakso sapi sendiri sebenarnya cukup mudah. Anda hanya membutuhkan daging sapi cincang, bawang putih, penyedap rasa merica untuk rasa pedas, dan tepung kanji. Pertama-tama, haluskan bawang putih dengan cara menumbuk atau memblendernya. Kemudian, campur adonan dengan bahan-bahan lainnya seperti daging sapi, merica, tepung kanji, dan penyedap rasa. Campurkan semua adonan dan diaduk rata. Setelah tercampur dengan merata, bentuklah adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dan rebus hingga matang. Bakso pun siap disantap, namun jangan lupakan kuah bakso untuk melengkapi hidangan Anda.

Tak kalah pamor dengan bakso sapi, bakso ikan pun cukup banyak digemari di masyarakat. Kelezatan bakso ikan memang tidak dapat dipungkiri. Ada banyak jenis ikan yang biasa digunakan untuk membuat bakso ikan, namun yang paling populer adalah ikan tenggiri. Semakin segar ikannya, semakin lezat pula bakso yang dihasilkan. Cara membuat bakso ikan sebenarnya tidak berbeda dengan cara membuat bakso daging sap. Perbedaannya, hanya pada tepung yang digunakan (tepung tapioka) dan bahan daging ikan. Masalahnya, tekstur bakso sapi dan bakso ikan memang berbeda. Bakso ikan lebih lembut dan kenyal sementara bakso daging sapi lebih berserat. Walaupun begitu, keduanya tetap terasa nikmat dalam memanjakan lidah penikmatnya.

Kalau yang satu ini, Anda pasti sudah tidak asing lagi. Bakso tahu merupakan salah satu jenis jajanan favorit pengisi perut. Apabila Anda khawatir dengan kualitas bakso tahu yang dijual di pinggir jalan, mengapa tidak membuatnya sendiri? Cara membuat bakso tahu sebenarnya cukup mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tahu, ayam giling, telur, daging giling, garam, merica, bawang putih, tepung sagu, bawang dan gula pasir. Campurkan semua bahan kecuali tahu dan aduk rata. Ambil 1 tahu dan keruk isinya, kemudian masukkan adonan yang sudah dibuat tadi. Kukus hingga matang, dan bakso tahu pun siap tersedia.

Ada beberapa orang yang tidak terlalu menyukai hasil rebusan maupun kukusan. Untuk itu, bakso goreng tentu menjadi pilihan bakso yang tepat untuk Anda. Cara membuat bakso goreng sangat praktis dan mudah. Anda cukup menggoreng adonan bakso yang telah jadi hingga berwarna kecoklatan indikasi kematangan. Bakso goreng memberikan sensasi rasa yang gurih dan renyah, berbeda dengan bakso rebusan maupun kukusan yang terasa lembut. Ia juga dapat menjadi teman yang baik untuk dimakan dengan nasi. Lebih nikmat lagi, bakso goreng ini bebas dicocol kecap maupun sambal sesuai dengan selera Anda. Setelah mengetahui berbagai cara membuat bakso dengan mudah, tentunya Anda merasa penasaran untuk mencobanya, kan? Selamat membuat bakso!

Comments

Popular posts from this blog

Mengulas Tentang Kumpulan Lagu Geisha

20 Deretan Lagu Korea Terbaru Serta Terpopuler Bulan Februari 2014

Mengenal Beberapa Penyanyi Yang Sukses Membawakan Lagu Islami