Beberapa Hal Mengenai Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh surat pengunduran diri mungkin diperlukan bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk mundur dari posisi Anda di perusahaan tempat Anda bekerja selama ini. Entah karena alasan ingin mengembangkan diri di tempat lain atau karena jenuh dengan perusahaan Anda. Memang terkadang sulit bagi kita mempertahankan pekerjaan kita sekarang ini. Adanya kesempatan yang lebih baik ditawarkan oleh pihak lain membuat kita ingin mencoba untuk mengembangkan kemampuan kita, atau istilah sekarang, keluar dari comfort zone. Untuk mengundurkan diri dengan sopan dan berwibawa, diperlukan sebuah surat pengunduran diri yang tepat.

Ketika kita sudah merasa jenuh dengan pekerjaan yang kita lakukan sekarang dan sudah mengantongi kesempatan akan pekerjaan baru yang lebih menjanjikan, kita perlu memikirkan bagaimana membuat surat pengunduran diri yang tepat. Begitu pula jika misalnya kita mendapat kesempatan untuk belajar di luar negeri ketika kita masih bekerja pada sebuah perusahaan. Meski kita menyukai pekerjaan kita, mau tidak mau kita tetap harus mengajukan surat pengunduran diri jika perusahaan tidak bisa memberikan ijin cuti kerja selama yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan studi Anda tersebut.

Apapun alasan seseorang untuk pindah kerja, mereka harus membuat surat pengunduran diri. Secara etika, jika kita masuk ke sebuah perusahaan menggunakan surat lamaran kerja, maka saat keluar dari perusahaan tersebut kita harus mengajukan surat pengunduran diri. Hal tersebut merupakan bentuk dari rasa hormat kita kepada perusahaan yang telah memberikan kita kesempatan bekerja selama ini. Keluar dari perusahaan tanpa surat pengunduran diri dapat berakibat fatal. Untuk itu, Anda bisa mempelajari bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang benar agar memenuhi semua etika kerja tersebut.

Contoh surat resmi pengunduran diri bisa dilihat di bawah ini:

Kepada Yth. HRD Perusahaan Maju Mapan

Di tempat

Melalui surat ini, saya (nama Anda) bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari perusahaan (nama perusahaan) sebagai (posisi saat ini) terhitung sejak tanggal 20 Mei 2014. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk bekerja di (nama perusahaan) ini. Saya juga memohon maaf kepada seluruh manajemen dan karyawan (nama perusahaan) apabila terdapat kesalahan baik yang disengaja maupun tidak selama saya bekerja di sini.

Jakarta, 20 Mei 2014
Hormat Saya,


(nama lengkap)

Beberapa hal yang penting untuk diperhatikan antara lain, surat pengunduran diri tersebut harus ditulis dengan kalimat yang sederhana, singkat namun jelas. Sebaiknya surat pengunduran diri tersebut diketik rapi. Hal lain adalah tuliskan ucapan terima kasih Anda terhadap perusahaan yang telah memberikan kesempatan kerja kepada Anda dan semua rekan kerja yang telah membantu dan mendukung kerja Anda. Tidak perlu mencantumkan alasan Anda mengundurkan diri dari perusahaan tersebut.

Surat pengunduran diri sebaiknya tidak dibuat mendadak. Biasanya perusahaan telah mengatur kapan Anda harus menyerahkan surat pengunduran diri tersebut. Ada yang memberi waktu satu bulan sebelum berhenti total, ada juga yang satu minggu. Patuhi aturan tersebut karena itu dibuat untuk memudahkan perusahaan dan rekan kerja Anda untuk mencari orang yang akan menggantikan posisi Anda. Selain itu, bagaimana pun juga Anda harus menyelesaikan terlebih dahulu tugas-tugas Anda di perusahaan sebelum pindah ke tempat yang baru. Pada contoh surat pengunduran diri dapat diperhatikan bahwa kalimat yang sopan dan dapat meninggalkan kesan positif bagi diri kita di mata perusahaan.

 

Post a Comment

Copyright © 2021

Vocalist